Mudahnya Ujian Sekolah Berbasis Komputer di SD Nasima, Tinggal Klik!

Ujian Sekolah untuk anak-anak Sekolah Dasar biasanya identik dengan kertas dan pensil. Tapi tidak halnya di SD Nasima Semarang. Anak-anak Kelas VI di SD Nasima yang melaksanakan Ujian Sekolah (US) tidak lagi menggunakan alat tulis, tetapi sibuk berada di depan layar komputer.

Ujian Sekolah di SD Nasima  Tahun Pelajaran 2017/208 menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Manajer Pendidikan Sekolah Nasima Indrarti Suhadisiwi menjelaskan bahwa pelaksanaan US di sekolahnya memang berbeda dengan sekolah lain.

“Kalau jenjang SMP-SMA mungkin sudah terbiasa menggunakan system CBT, tapi untuk jenjang SD sekolah kami mungkin satu-satunya  di Semarang bahkan di Jawa Tengah yang melaksananakannya” kata Indarti.

Pelaksanaan US dengan model CBT di SD Nasima menurut Indarti bukan sesuatu yang baru. Sudah sejak lama sekolahnya membekali peserta didiknya dengan penguasaan teknologi informasi.

“Semenjak usia dini, kita sudah memperkenalkan mereka dengan dunia komputer., karena salah satu kompetensi yang diajarkan di Sekolah Nasima adalah penguasaan teknologi informasi. Kurikulumnya kita sesuaikan dengan usia perkembangan anak-anak..Pada kelas-kelas awal kita ajak anak-anak mengenal komputer melalui aplikasi permainan sederhana. Yang penting mereka tertarik dan suka. Untuk kelas-kelas atas sudah kita tingkatkan kemahirannya. Seperti  program office, desain grafis, dan pemrograman sederhana sudah kita berikan” papar Indarti.

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk kelas 4,5,6 juga sudah menggunakan CBT. Termasuk Penjajagan Ujian Nasional mandiri juga dengan system CBT. Karenanya anak-anak  SD Nasima sudah sangat siap jika US dilaksanakan dengan system CBT.

Rasyid Maulana salah seorang peserta US mengaku  bahwa pelaksanaan US berbasis CBT ini  sangat simple, mudah dan menyenangkan.

“Kalau disuruh memilih ujian pakai kertas atau computer, saya pilih pakai komputer lah. Enak, nggak capek nulis. Tidak perlu silang menyilang. Nggak takut salah, kalau ada kesalahan tinggal koreksi saja , ganti jawaban. Tinggal klik. Keren lagi. Kaya anak-anak gede gitu” kata siswa Kelas VID ini.

Disamping kesiapan anak-anak, US dengan sistem CBT juga memerlukan  sarana yang lengkap dan memadai. SD Nasima telah memiliki dua lab komputer dengan 60 komputer yang telah tersambung ke jaringan intranet dan internet. Tenaga IT yang terlatih juga telah dimiliki  untuk menjamin kelangsungan US CBT berlangsung dengan lancar tanpa hambatan.

US untuk jenjang SD berlangsung mulai 7-11 Mei 2018. Ada tujuh mata pelajaran yang diujikan yakni Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, PJOK, dan SBDB (Muslihudin el Hasanudin)

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3821092
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
1591
1256
6424
3808493
20345
31110
3821092
Your IP: 54.80.219.236
Server Time: 2018-09-22 23:08:59

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang