Oleh Nur Annisa, SS*

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  kondisi dimana 24 dari 26 siswa kelompok A belum muncul dalam kegiatan menyusun dan menceritakan gambar seri berdasar cerita yang dibacakan guru pada akhir semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 di TK Nasima. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu diadakan peningkatan bahasa anak terutama dalam hal menerima dan mengungkapkan bahasa. Sehingga masalah yang diteliti yaitu tentang penerapan buku bergambar “Cici Si Ayam” untuk meningkatkan bahasa anak dan peningkatan anak setelah dilakukan pembelajaran dengan buku bergambar “Cici Si Ayam”.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan buku bergambar “Cici Si Ayam” dan mengetahui hasil dari penerapan metode bercerita dengan buku bergambar “Cici Si Ayam”.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A1 TK Nasima Semarang semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 anak. Analisis data dilakukan dengan indikator keberhasilan 70% anak diharapkan dapat mengurutkan gambar seri dan menceritakannya dengan menggunakan kalimat sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dengan buku bergambar “Cici Si Ayam” yang disusun dengan tehnik lipat dan pop up yang menarik dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyusun gambar seri perkembangbiakan ayam dengan urut. Kemudian diperkuat lagi dengan metode tanya jawab dan mengucap syair perkembangbiakan ayam. Kedua metode tersebut dapat menambah pemahaman anak akan makna kosa kata “mengeram”, dan  “menetas” yang sering disamakan penggunaannya dengan “diduduki” dan “pecah” oleh anak. Berdasar hasil siklus 2 pada penelitian ini didapatkan 60,5% anak telah berkembang sesuai harapan dan 34,4% berhasil berkembang sangat baik.

 Berdasar penelitian tersebut dapat dikemukakan saran bagi guru,orang tua dan sekolah. Berupa dapat penggunaan aktifitas bahasa melalui metode pembelajaran yang variatif dan media pembelajaran yang menarik bagi anak dan sesuai kebutuhan serta psikologi perkembangan anak. Peran orang tua dan sekolah juga dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak melalui berbagai aktifitas bahasa seperti bercakap-cakap, membaca buku cerita dan lain-lain.

Kata kunci: Perkembangan Bahasa Anak, Metode Bercerita, Buku Bergambar, Buku Bergambar “Cici Si Ayam”


Nur Annisa, Wakil Kepala KB-TK Nasima

Berkat gamelan dan pelestarian kebudayaan yang dituangkan dalam karya ilmiah, dua siswi SMP Nasima Semarang berhasil meraih juara II dan III Lomba Karya Tulis Humaniora Nusantara, baru-baru ini. Ajang yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa Bogor itu diikuti pelajar SMP dan SMA sederajat se-Indonesia.

Pelopor Sekolah Berkarakter Kebangsaan
 
Kewajiban orang tua terhadap anaknya adalah; memberi nama yang baik, mendidik akhlaqnya, mengajari baca tulis Al-qur’an, mengajari berenang dan memanah (keterampilan), dan memberinya rezeki dari sumber yang halal (HR.Hakim)

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3415390
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
121
1818
1939
3407106
26188
31296
3415390
Your IP: 54.80.140.5
Server Time: 2017-09-25 04:09:22